5 Cara Menjaga Kulit Bayi agar Terbebas dari Ruam Popok

Meskipun ruam popok merupakan hal yang umum terjadi dan tidak berbahaya, tapi kondisi ini bisa membuat bayi alami rewel sepanjang hari. Anda perlu tahu cara mengatasi bayi yang terkena ruam popok agar si kecil bisa lebih nyaman. Salah satu faktor yang menyebabkan ruam popok pada anak adalah pemakaian popok sekali pakai. Pastikan Anda memilih produk popok sekali pakai dari Mamypoko yang berkualitas dan tidak menimbulkan reaksi alergi di kulit pantat si kecil, ya!

Hal Penting Dalam Merawat Kulit Si Kecil Selama Pemakaian Popok

Tidak hanya popok sekali pakai saja, pemakaian popok kain juga bisa memicu reaksi ruam popok bila Anda membiarkan kulit si kecil bersentuhan dengan urine dan tinja dalam waktu lama. Supaya Anda bisa mengatasi masalah ruam popok karena pemakaian popok bayi ini, maka pertimbangkan beberapa hal penting dalam merawat kulit bayi berikut :

1.                 Rajin mengganti popok kotor

Popok kotor yang dibiarkan terlalu lama bisa membuat kulit si kecil alami iritasi dan ruam popok yang sebabkan rasa gatal atau perih. Segera ganti popok kotor bayi guna mencegah kulit bersinggungan dengan tinja dan urine dalam waktu lama, ya!

2.                 Membersihkan lipatan kulit

Basuh bagian vital si kecil dengan air setelah si kecil BAK atau BAB dan pastikan membersihkan tiap lipatan kulitnya. Setelah memastikan kulit pantat dan sekitarnya kering, Anda bisa memakaikan popok kembali.

3.                 Hindari memakai bedak

Hindari pemakaian bedak setelah si kecil buang air kecil atau buang air besar sebab bedak bisa memicu risiko alergi. Begitu pula dengan pemakaian produk pewangi atau tisu dengan kandungan alkohol untuk area intim bayi.

4.                 Pilih popok yang bagus

Popok yang terbuat dari bahan berkualitas dengan bantalan ekstra lembut sangat cocok untuk menjaga kulit si kecil dari risiko ruam popok. Kualitas popok membuat bayi merasa nyaman sehingga tumbuh kembangnya tidak terganggu. Sesekali Anda tetap harus mengaplikasikan popok kain untuk mencegah risiko bayi alami ruam popok sebab kulit si kecil tetap membutuhkan sirkulasi udara agar bisa bernapas dengan baik.

5.                 Mengoleskan krim pada kulit bayi

Baby oil juga bisa bermanfaat mengatasi masalah ruam popok pada bayi. Anda juga bisa memakai krim khusus yang bisa dioleskan pada selangkangan dan area kulit yang acap alami masalah ruam popok karena pemakaian popok sehari-hari.

Coba beberapa tips menjaga dan merawat kulit bayi agar terhindar dari risiko ruam popok di atas, ya! Ruam popok bisa sembuh sendiri seiring waktu, tapi ada baiknya Anda melakukan penanganan dengan konsultasi dokter langsung bila ruam popok membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Pilih produk Mamypoko yang terbuat dari bahan berkualitas untuk menjaga kulit si kecil lebih aman dari risiko ruam popok sekarang juga.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.