Bulutangkis Olimpiade 2021, Ginting dan Jojo Tak Diperhitungkan, Legenda Malaysia Geram

Seberapa besar kans Anthony Ginting dan Jonatan Christie meraih medali emas bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020? Di atas kertas memang gampang dilihat siapa favorit meraih emas bulu tangkis Olimpiade itu dari nomor tunggal putra. Tentu saja Kento Momota menjadi yang utama.

Pebulu tangkis Jepang berusia 26 tahun itu memegang peringkat pertama tunggal putra dunia versi BWF sekaligus unggukan pertama bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. Setelah itu Viktor Axelsen dari Denmark, peringkat kedua tunggal putra dunia. Namun, legenda bulu tangkis Malaysia Rashid Sidek menegaskan bahwa Olimpiade tak bisa semuanya dilihat hitam putih.

Peraih medali perunggu tunggal putra Olimpiade Atalanta 1996 itu merasa bahwa pemain underdog biasanya akan mencuat di ajang besar seperti ini. 1. Kento Momota (JPN) 2. Chou Tien chen (TPE) 3. Anders Antonsen (DEN) 4. Viktor Axelsen (DEN) 5. Anthony Ginting (INA) 6. Chen Long (CHN) 7. Jonatan Christie (INA) 8. Ng Ka Long (HKG) 9. Lee Zii Jia (MAS) 10. Wang Tzu wei (TPE)

11. Shi Yuqi (CHN) 12. Kanta Tsuneyama (JPN) 13. B Sai Praneeth (IND) 14. Kantaphon Wangcharoen (THA) Oleh karena itu, Rashid Sidek agak geram jika para pemain berperingkat rendah BWF sangat kurang diperhitungkan. "Peraih emas sangat sulit diprediksi. Di atas kertas memang Kento Momota dan Viktor Axelsen, yang belakangan ini bagus penampilannya."

"Namun, saya tak akan mengatakan mereka benar benar favorit untuk meraih medali emas," tegas Rashid, sebagaimana dikutip SuperBall.id dari New Straits Times. "Di tunggal putra masih ada Chou Tien Chen (Taiwan) yang merupakan pemain hebat, serta dari Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie," katanya. Sabtu (24/7/2021) 09.00 WIB Jonatan Christie Vs Aram Mahmoud (Tim Pengungsi/Suriah)

Minggu (25/7/2021) 11.20 WIB Anthony Ginting Vs Gergely Krausz (Hungaria) Rabu (28/7/2021) 16.00 WIB Anthony Ginting Vs Sergey Sirant (Rusia) 17.20 WIB Jonatan Christie Vs Loh Kean Yew (Singapura) Pria berusia 53 tahun itu lalu secara khusus mengingatkan, "Siapa yang menyangka Jonatan Christie bisa meraih emas Asian Games 2018? Itulah yang saya maksud."

Rashid juga menyebut nama Lee Zii Jia dari negerinya sendiri. Zii Jia mengalahkan Momota dan Axelsen untuk dinobatkan sebagai juara All England pada Maret 2021. "Dia memiliki peluang bagus untuk memenangi Olimpiade seperti pemain lainnya."

"Jadi, tidak ada yang benar benar favorit di Olimpiade," tandas Rashid. Rashid juga memperingatkan ancaman dari para pebulu tangkis China, yang akan kembali ke pentas internasional setelah absen lebih dari setahun karena Covid 19. Chen Long dari China adalah satu satunya peraih medali emas Olimpiade yang kembali dari kelima disiplin atau nomor bulu tangkis.

"Kami tak tahu seberapa kuat pemain China. Bagaimana persiapan mereka selama setahun terakhir, kami tidak tahu." "Faktor lain yang tidak dapat diabaikan adalah kenyataan bahwa sebagian besar pemain tak memiliki cukup kompetisi menjelang Olimpiade. Pandemi Covid 19, lanjutnya, menjadikan rangkaian tahun yang sulit bagi semua orang.

"Sebagai mantan pemain, saya katakan ini akan menjadi pertandingan yang sangat terbuka dan menarik," ungkap Rashid. Cabang bulu tangkis akan berlangsung mulai Sabtu (24/7/2021) di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, hingga 2 Agustus. Tahun ini, Malaysia akan diwakili oleh enam pendatang baru Olimpiade, yakni Zii Jia (tunggal putra), Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra), Soniia Cheah (tunggal putri), Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (ganda putri), dan kembali peraih medali perak lima tahun lalu di Rio de Janeiro, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (ganda campuran).

Sedangkan Indonesia diwakili 11 orang di tujuh nomor. Dari seluruh atlet Indonesia itu, hanya Hendra Setiawan yang pernah meraih emas, yakni di Olimpiade Beijing 2008 saat berpasangan dengan Markis Kido. Pasangan ganda putra lain, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon, baru meraih emas di level Asian Games 2018.

ATLET BULU TANGKIS INDONESIA DI OLIMPIADE TOKYO 2020 Tunggal Putra: 1. Anthony Sinisuka Ginting 2. Jonatan Christie Tunggal Putri: 3. Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putri: 4. Greysia Polii 5. Apriyani Rahayu Ganda Putra: 6. Kevin Sanjaya Sukamuljo 7. Marcus Fernaldi Gideon 8. Mohammad Ahsan 9. Hendra Setiawan Ganda Campuran: 10. Praveen Jordan 11. Melati Daeva Oktavianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.