Tanaman Gantung untuk Hiasan Rumah

Tanaman gantung yang kelihatannya sederhana bisa mengubah nuansa rumah menjadi semakin nyaman. Hiasan ini cocok untuk area di dalam maupun di luar rumah. Jika kalian tertarik, penting untuk mengetahui jenis-jenis dan cara merawatnya.

Jenis-jenis Tanaman Gantung

Berikut beberapa macam tanaman hias gantung yang bisa kalian gunakan untuk menghias rumah:

  • Bunga Lobelia

Tanaman ini mudah tumbuh subur dan tidak butuh banyak perawatan. Kalian hanya perlu menabur bibitnya di tanah untuk menanamnya.

  • Bunga Geranium

Selain cocok sebagai tanaman hias, bunga ini juga bisa menghalau nyamuk. Tapi, bunga ini butuh cuaca sejuk supaya bisa tumbuh & berkembang optimal.

  • Heart Leaf Philodendron

Meski kelihatannya biasa saja, dedaunan berbentuk waru ini juga cantik untuk hiasan di teras rumah. Bahkan, tanaman ini bisa menyerap polutan di udara.

  • Sedum Morganianum

Bentuknya mirip kaktus. Tapi, tanaman ini butuh banyak sinar matahari dan sedikit air. Banyak orang menyebutnya dengan nama kaktus anggur.

  • Tradescantia

Tanaman ini identik dengan daun corak garis-garis serta macam-macam warna. Tanaman ini juga dapat tumbuh di berbagai kondisi lingkungan.

  • Sirih Marble

Bentuknya menyerupai marble dan cocok untuk tanaman hias di dalam maupun luar ruangan. Tanaman hias ini cocok untuk semua jenis desain rumah.

  • Dischidia Geri

Tanaman hias ini dapat tumbuh menjuntai panjang. Cocok diletakkan di dalam ruangan untuk memberikan kesan asri.

Kalian juga bisa mempertimbangkan tanaman hias gantung lain seperti Bird Nest Fern, Ripple Peperomia, Spider Plant, English Ivy, dan Oxalis Triangularis.

Tips Merawat Tanaman Gantung

Setelah mengetahui beberapa jenis tanaman hias gantung, kalian bisa memilihnya sesuai keinginan. Tapi kalian juga harus tahu cara merawatnya dengan benar.

  • Sering menyemprot atau menyiram dengan air

Dibanding tanaman yang ditanam langsung di tanah, tanaman hias gantung butuh lebih banyak air. Jadi, kalian harus sering-sering menyemprot atau menyiramnya.

  • Buang ujung tanaman yang mati

Jika ada ujung tanaman atau bunga yang mati, jangan dibiarkan! Segera potong dan buang agar bunga yang mekar lebih banyak.

  • Ubah posisi pot

Penting juga untuk sering-sering mengubah posisi tanaman hias gantung. Misalnya, kalian bisa mengubah posisi potnya 2 – 3 hari sekali.

  • Rapikan tanaman

Jika tanaman sudah tumbuh lebat, kalian perlu memangkasnya agar tetap rapi & sehat. Pasalnya, tanaman yang terlalu lebat justru lebih cepat kering. Tak hanya itu, bagian batang dalam pun bisa membusuk.

Untuk tanaman hias gantung yang sudah tua, kalian bisa memangkasnya dari ujung sampai batang tengah. Untuk tanaman yang masih segar, cukup pangkas ujungnya saja. Dengan tanaman hias gantung, rumah bukan hanya akan terlihat lebih cantik juga terasa lebih segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.